An Analysis if Students Ability In Reading Comprehension Descriptive Text At The Tenth Grade of SMKN 5 Padang

Putri, Nadia Pres Siska (2023) An Analysis if Students Ability In Reading Comprehension Descriptive Text At The Tenth Grade of SMKN 5 Padang. Skripsi thesis, Universitas Ekasakti Padang.

[thumbnail of Nadia siska-Cover.pdf] Text
Nadia siska-Cover.pdf - Submitted Version

Download (71kB)
[thumbnail of Nadia siska-Abstrak.pdf] Text
Nadia siska-Abstrak.pdf - Submitted Version

Download (70kB)
[thumbnail of Nadia siska-Bab I.pdf] Text
Nadia siska-Bab I.pdf - Submitted Version

Download (168kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Nadia siska-Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (109kB)

Abstract

Pemahaman membaca adalah suatu proses yang dilakukan oleh pembaca untuk memperoleh informasi, pesan, dan makna yang terkandung dalam sebuah teks. Seseorang dikatakan berhasil dalam pemahaman bacaan jika ia mampu memahami semua isi bacaan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan dan kesulitan siswa dalammembaca pemahaman deskriptif teks. Faktor pertama terkait dengan kurangnya penguasaan kosakata siswa. Yang kedua, siswa tidak mengetahui ide utama dalam paragraf teks yang mereka baca. Kemudian yang terakhir adalah tentang motivasi siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 5 Padang pada tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif. Instrumentasi penelitian adalah tes membaca. Populasi penelitian ini ada 3 kelas dan sampel ada 1 kelas berjumlah 34 siswa kelas X TPM 1 SMKN 5 Padang. Peneliti menggunakan total sampling test yang terdiri dari 30 item dikerjakan selama 60 menit. Pemahaman membaca akan menghitung jawaban yang benar. Jawaban yang benar adalah skor 1 dan jawaban yang salah menjawab 0. Karena ada 30 item, ada skor 30 poin lebih tinggi. Hasil pemahaman bacaan siswa diambil dari jumlah jawaban benar dibagi jumlah pertanyaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca siswa dalam teks deskriptif di TPM 1 SMK 5 Padang dapat dikategorikan baik. Berdasarkan data, ada 3 siswa mendapat nilai bagus (9%), ada 6 siswa mendapat sangat baik (18%), kemudian ada 6 siswa mendapat nilai rata-rata (18%), kemudian ada 9 siswa mendapat buruk (26%), dan terakhir ada 10 siswa mendapat nilai sangat buruk (29%). Berdasarkan analisis penelitian, Dapat disimpulkan bahwa siswa kesulitan karena kurangnya kosakata, dan ada beberapa siswa yang tidak mengerti tentang teks, dan mengalami kesulitan dalam menentukan bagian-bagian dari struktur generik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Student Papers
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: admin unes ekasakti
Date Deposited: 16 Oct 2023 01:40
Last Modified: 24 Oct 2023 05:16
URI: https://repo.unespadang.ac.id/id/eprint/270

Actions (login required)

View Item
View Item