Kinerja Aparatur Pemerintah Desa Dalam Pelayanan Publik di Desa Duru Kecamatan Hibala Kabupaten Nias Selatan

Wau, Sepantas (2023) Kinerja Aparatur Pemerintah Desa Dalam Pelayanan Publik di Desa Duru Kecamatan Hibala Kabupaten Nias Selatan. Skripsi thesis, Universitas Ekasakti Padang.

[thumbnail of Sepantas wa_u-Cover.pdf] Text
Sepantas wa_u-Cover.pdf

Download (321kB)
[thumbnail of Sepantas wa_u-Abstrak.pdf] Text
Sepantas wa_u-Abstrak.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of Sepantas wa_u-Bab I.pdf] Text
Sepantas wa_u-Bab I.pdf

Download (306kB)
[thumbnail of Sepantas wa_u-Daftar Pustaka.pdf] Text
Sepantas wa_u-Daftar Pustaka.pdf

Download (14kB)

Abstract

Desa adalah suatu wilayah yang ditinggali oleh sejumlah orang yang saling mengenal, hidup bergotong royong, memiliki adat istiadatnya yang relatif sama, dan mempunyai tata cara sendiri dalam mengatur kehidupan kemasyarakatannya. Masalah dalam Penelitian ini adalah: (1) Mengenai ketidak profesionalan pegawai dan kurangnya kesadaran dari akan tugas dan tanggung jawabnya dalam menjalankan tugas seperti datang terlambat. (2) Mengenai ketiadaan petugas di loket pelayanan. karena pegawai tesebut tidak berada ditempat pada saat jam kerja, ketiadaan petugas ini menyebabkan pengguna layanan atau masyarakat harus menunggu. (3) Mengenai respon pegawai yang tidak tanggap dengan masyarakat yang ingin melakukan pelayanan. Sikap tidak tanggap sangat menganggu efektivitas pelayanan yang di rasakan oleh masyarakat yang datang dan ingin mendapatkan pelayanan yang baik. Metode penelitian yang digunakan bersifat deskriptif-kualitatif dengan dasar adalah pendekatan mencari pola, prinsip-prinsip yang mendasariperwujudan gejala-gejala yang ada. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penelusuran dokumen dalam bentuk studi kepustakaan serta observasi, dan wawancara mendalam dengan informan kunci terpilih. Data terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Pelayanan publik merupakan tugas utama dari aparatur pemerintah Desa, Duru untuk dapat meningkat mutu penyelenggara dan kualitas pelayanan yang akan diberikan kepada masyarakat, maka pemerintah dituntut untuk memeliki etos kerja yang tinggi, memiliki perilaku birokrasi yang baik serta memiliki kemampuan yang unggul dala menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pelayanan publik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Student Papers
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: admin unes ekasakti
Date Deposited: 20 Oct 2023 01:24
Last Modified: 20 Oct 2023 01:24
URI: https://repo.unespadang.ac.id/id/eprint/303

Actions (login required)

View Item
View Item