Sumartono, Sumartono (2019) Politisi Dan Pemanfaatan Media Sosial. Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis, 5 (1). pp. 77-95. ISSN 2598-2443
SUMARTONO-JURNAL IJDR-UTILIZATION OF SOCIAL MEDIA BY POLITICIANS PADANG CITY.pdf - Published Version
Download (284kB)
Abstract
Tidak dapat dipungkiri, saat ini Fcebook telah menjadi saluran komunikasi politik di Indonesia. Bahkan Facebook telah menjelma menjadi kekuatan media baru yang diperebutkan para politisi atau komunikator politik dalam mensosialisasikan eksistensinya. Anggota legislatif sebagai pelaku komunikasi politik telah menggunakan atau memanfaatkan media sosial Facebook sebagai sarana sosialisasi atau informasi kepada masyarakat. Berdasarkan fakta lapangan Facebook telah banyak membantu mempromosikan keberadaan atau eksistensi seorang anggota legislatif kepada masyarakat di tengah berkembangnya fenomena money politics atau politik uang. Melalui pemanfaatan Facebook pengunaan atau pengeluaran keuangan dapat diminimalisasi. Artinya, media Facebook sangat membantu mensosialisasikan keberadaan anggota legisltatif (baik pada masa sebelum maupun setelah menjadi anggota legislatif) kepada masyarakat, sehingga media massa (terutama cetak) yang selama ini menjadi andalan dalam sosialisasi seakan tergantikan oleh Facebook. Kehadiran Facebook sangat membantu seorang kandidat dalam mengelola keterbatasan dana yang dimiliki dan menjadi trend baru saluran komunikasi politik
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Lecture Papers |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | admin unes ekasakti |
Date Deposited: | 29 Feb 2024 03:49 |
Last Modified: | 01 Mar 2024 01:08 |
URI: | https://repo.unespadang.ac.id/id/eprint/403 |