Pengembangan Pembelajaran Sistem Basis Data Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar

Dahri, Nuraeni (2018) Pengembangan Pembelajaran Sistem Basis Data Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar. Journal Of Education Scienties, 2 (2). pp. 107-117. ISSN 2598-4985

[thumbnail of Jurnal] Text (Jurnal)
216-Article Text-619-1-10-20191209.pdf - Published Version

Download (674kB)

Abstract

Era globalisasi berdampak pada tuntutan dilakukan restorasi terhadap dunia pendidikan di Indonesia dalam berbagai aspek demi memajukan kualitas dan mengatasi kesenjangan yang terjadi pada semua jenjang pendidikan khususnya pada aspek sistem pembelajaran yang digunakan agar dapat menghasilkan sumberdaya manusia (SDM) yang mumpuni dan mampu bersaing dalam kancah global. Perguruan tinggi sebagai salah satu komponen utama dalam sistem pendidikan diharapkan dapat berperan aktif dalam meningkatkan sistem pembelajaran yang diselenggarakan untuk dapat menghasilkan lulusan yang berkualifikasi dibidangnya. Fenomena kualitas input yang relatif buruk menjadi salah satu faktor utama terjadinya kesulitan belajar pada mahasiswa di perguruan tinggi swasta pada umumnya. Kondisi tersebut sangat ironis dengan adanya tuntutan globalisasi khususnya TVET (Technical and Vocational Education Training) abad XXI bahwa mahasiswa lulusan perguruan tinggi harus memiliki kualifikasi higher competitive untuk dapat bersaing di dunia kerja. Umumnya, mahasiswa yang masuk PTS memiliki nilai rata-rata akademik dibawah standar. Pengembangan pembelajaran pada matakuliah sistem basis data mengacu pada model pembelajaran problem based learning (PBL) dalam mengatasi kesulitan belajar. Konsep pengembangan diawali dengan melakukan kajian literatur dan beberapa hasil penelitian terkait oleh peneliti untuk menemukan kebaruan dan untuk mempelajari trend pembelajaran saat ini. Prosedur pengembangan dilakukan dengan menggunakan metode 4D yang terdiri atas 4 (empat) tahapan yakni tahap define, design, develop dan tahap disseminate. Penelitian ini bertujuan menghasilkan model pembelajaran sistem database yang valid, reliabel dan efektif. Model ini secara sistematis mengacu pada siyntak model problem based learning (PBL) untuk mengatasi kesulitan belajar. Model pembelajaran sistem database ini juga menghasilkan perangkat pembelajaran berupa Silabus, RPS, Buku Ajar, dan Modul sistem database yang valid, efektif, dan praktis dalam mengatasi kesulitan belajar mahasiswa.

Item Type: Article
Subjects: Lecture Papers
Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 MIK
Depositing User: admin unes ekasakti
Date Deposited: 09 Nov 2023 03:42
Last Modified: 09 Nov 2023 03:42
URI: https://repo.unespadang.ac.id/id/eprint/340

Actions (login required)

View Item
View Item