Analisis Tingkat Kerusakan Jalan Menggunakan Metode Pavement Condition Index (PCI) Studi Kasus : Ruas Jalan Bts. Kota Padang Panjang - Sicincin (N.040) Km. 48+000 - Km. 56+000

Santoso, Erman (2023) Analisis Tingkat Kerusakan Jalan Menggunakan Metode Pavement Condition Index (PCI) Studi Kasus : Ruas Jalan Bts. Kota Padang Panjang - Sicincin (N.040) Km. 48+000 - Km. 56+000. Skripsi thesis, Universitas Ekasakti Padang.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Erman Santoso-Cover.pdf - Submitted Version

Download (92kB)
[thumbnail of Absrak] Text (Absrak)
Erman Santoso-Abstrak.pdf - Submitted Version

Download (114kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Erman Santoso-Bab I.pdf - Submitted Version

Download (103kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Erman Santoso-Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (79kB)

Abstract

Penyebab kerusakan jalan yang terjadi pada Ruas Jalan Bts. Kota Padang Panja ng – Sicincin (N.040) Km. 48+000 yang berawal dari Simpang Tiga Pasar Sici ncin sampai Km. 56+000 tepatnya di Nagari Guguak Kecamatan 2x11 Kayutan am, ada berbagai penyebab yakni beban kendaraan yang berlebih, genangan a ir pada permukaan jalan yang tidak dapat mengalir akibat drainase yang kura ng baik, beban lalu lintas berulang yang berebihan (overloaded) yang menyeba bkan umur pakai jalan lebih pendek dari perencanaan. Oleh karena itu, perlu dil akukan program pemeliharaan secara berkala pada perkerasan jalan raya. Namu n sebelum dilakukan hal tersebut, diperlukan analisa kerusakan terhadap lapisa n permukaan jalan. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui jenis kerusakan ya ng terjadi pada permukaan perkerasan Ruas Jalan Bts. Kota Padang Panjang – Sicincin (N.040) Km. 48+000 – Km. 56+000 dengan metode Pavement Conditi on Index (PCI) dan Mendapatkan nilai tingkat kerusakan permukaan perkerasa n berdasarkan metode Pavement Condition Index (PCI). Dari hasil analisa data maka diketahui Pada permukaan perkerasan jalan yang disurvei sepanjang 8 kil ometer, terdapat 11 jenis kerusakan yang terjadi yaitu adalah (1) Retak Kulit B uaya, (2) Kegemukan, (3) Retak Kotak-Kotak, (4) Tonjolan/Cekungan, (5) Ber gelombang, (6) Amblas, (7) Pinggir Jalan Turun Vertikal, (8) Retak Memanjan g/Melintang, (9) Tambalan, (10) Lubang (11) Retak Memanjang. Secara keselu ruhan nilai PCI rata-rata Ruas Jalan Bts. Kota Padang Panjang - Sicincin (N. 040) Km. 48+000 - Km. 56+000 adalah 57.63 % yang termasuk dalam kate gori B a ik (G ood) artinya perlu dilakukan perbaikan (overlay) dan untuk seg men tingkat kerusakannya tinggi (High) perlu dilakukan perbaikan dari lapisan tanah dasa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Student Papers
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: admin unes ekasakti
Date Deposited: 12 Oct 2023 02:27
Last Modified: 24 Oct 2023 04:31
URI: https://repo.unespadang.ac.id/id/eprint/216

Actions (login required)

View Item
View Item