Analisa Kinerja Simpang Tak Bersinyal Rsup Dr.M.Djamil Jl.Perintis Kemerdekaan Padang

Ramdani, Zikra (2023) Analisa Kinerja Simpang Tak Bersinyal Rsup Dr.M.Djamil Jl.Perintis Kemerdekaan Padang. Skripsi thesis, Universitas Ekasakti Padang.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
Zikra Ramdani-Cover.pdf - Submitted Version

Download (236kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Zikra Ramdani-Abstrak.pdf - Submitted Version

Download (332kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Zikra Ramdani-Bab I.pdf - Submitted Version

Download (431kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Zikra Ramdani-Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (431kB)

Abstract

Simpang Rsup Dr.M.Djamil Padang sering mengalami kemacetan yang terjadi tidak hanya pada jam tertentu saja. karena pada ruas jalan ini juga diakibatkan oleh adanya kawasan komersial seperti Rsup M.Djamil, sekolah, perkantoran, pertokoan, dan lainnya. dengan demikian persimpangan ini sangat berperan penting dalam melayani arus lalu lintas yang cukup besar. Tujuan penelitian ini adalah menganalisa kinerja simpang dengan indikator yaitu kapasitas, derajat kejenuhan, tundaan, peluang antrian dan mengetahui kinerja simpang pada 5 tahun mendatang serta merencanakan alternatif upaya perbaikan berdasarkan metode Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2014. Jenis penelitian ini merupakan deskriptif kuntitatif. Dari hasil analisis data maka diketahui jam puncak terjadi pada hari senin (jam 06.30-07.30) diperoleh derajat kejenuhan sebesar 0,91 (tinggi), nilai tundaan sebesar 16 det/skr. diperoleh tingkat pelayanan adalah C pada kondisi Sedang. dengan kisaran nilai peluang antrian sebesar 34%-67%. Prediksi kinerja simpang tahun 2028 mendatang diperoleh nilai derajat kejenuhan sebesar 1,16 (sangat tinggi), nilai tundaan sebesar 32,1 det/skr dan kisaran nilai peluang antrian sebesar 55% - 110%. diperoleh tingkat pelayanan pada simpang F (Kurang). Upaya perbaikan yang dapat dilakukan dengan sasaran DJ ≤ 0,85 adalah dengan pilihan 4 dengan pelebaran lengan timur yaitu jembatan dilebarkan dari lebar jalur 11,5 meter menjadi 12,5 meter dan menambahkan median (road barrier) pada jalan mayor sebesar 0,5 meter diperoleh nilai kapasitas sebesar 3686,85 skr/jam maka nilai derajat kejenuhan diperoleh 0,84 (memenuhi sasaran). nilai tundaan sebesar 14 det/skr. maka diperoleh tingkat pelayanan B pada kondisi Baik. dengan upaya perencanaan perbaikan maka simpang tersebut masih dipandang layak untuk dioperasikan sampai beberapa tahun kedepan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Student Papers
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: admin unes ekasakti
Date Deposited: 11 Oct 2023 03:14
Last Modified: 11 Oct 2023 03:14
URI: https://repo.unespadang.ac.id/id/eprint/214

Actions (login required)

View Item
View Item