Contribution of Pedagogical Competence and Transformational Leadership of the Principal to the Implementation of the Tasks of Design and Build Teachers at SMKN 1 Padang

Fajra, Melda and Jama, Jalius and Sukardi, Sukardi and Mallisza, Danyl and Mukhnizar, Mukhnizar and Dakhi, Oskah (2022) Contribution of Pedagogical Competence and Transformational Leadership of the Principal to the Implementation of the Tasks of Design and Build Teachers at SMKN 1 Padang. Jurnal Edumaspul, 6 (2). pp. 3045-3053. ISSN 2548-8201

[thumbnail of document (1).pdf] Text
document (1).pdf

Download (471kB)
[thumbnail of Uji Turnitin Contribution of Pedagogical Competence and Transformational Leadership.pdf] Text
Uji Turnitin Contribution of Pedagogical Competence and Transformational Leadership.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of SCAN PEER REVIEW CONTRIBUTION OF PEGADOGICAL.pdf] Text
SCAN PEER REVIEW CONTRIBUTION OF PEGADOGICAL.pdf

Download (424kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan menganalisis seberapa besar (1) kontribusi kompetensi pedagogik terhadap pelaksanaan tugas guru, (2) kontribusi kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap pelaksanaan tugas guru dan (3) kontribusi kompetensi pedagogik dan kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap pelaksanaan tugas guru SMKN 1 Padang baik secara individu maupun secara bersama-sama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasinya adalah seluruh guru di SMKN 1 Padang yang berjumlah 89 orang, sedangkan sampelnya adalah 56 orang yang ditentukan dengan teknik Stratified Proportional Random Sampling dan strata yang digunakan adalah sertifikasi pendidik dan masa kerja. Data diperoleh dengan menggunakan angket skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) kompetensi pedagogik memberikan kontribusi yang cukup signifikan terhadap pelaksanaan tugas guru sebesar 19,2%. (2) kepemimpinan transformasional kepala sekolah secara signifikan sebesar 8,2%, sedangkan (3) kompetensi pedagogik dan kepemimpinan transformasional kepala sekolah secara bersama-sama berkontribusi sebesar 24%. Analisis data telah menunjukkan bahwa ketiga hipotesis tersebut dapat diterima secara empiris. Dari hasil temuan dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik dan kepemimpinan transformasional kepala sekolah merupakan dua variabel bebas yang berdampak positif terhadap variabel terikat pelaksanaan tugas guru. Untuk meningkatkan pelaksanaan tugas guru SMKN 1 Padang perlu ditingkatkan melalui kompetensi pedagogik dan kepemimpinan transformasional kepala sekolah secara baik dan bertanggung jawab.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 MIK
Depositing User: admin unes ekasakti
Date Deposited: 15 Jun 2023 03:35
Last Modified: 10 Dec 2023 08:37
URI: https://repo.unespadang.ac.id/id/eprint/169

Actions (login required)

View Item
View Item